Baik
Program Studi Teknologi Rekayasa Otomotif (PSTRO) adalah salah satu prodi di Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Banjarmasin. Karakteristik PSTRO adalah berbasis Kompetensi Bidang Otomotif Sub Bidang Service. Hal ini berkaitan dengan perkembangan teknologi otomotif yang sangat cepat dan berbeda apabila dilihat dari 10 tahun sebelumnya. Perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat pesat termasuk pada bidang perawatan otomotif telah diantisipasi oleh PSTRO dengan menyiapkan mahasiswa agar siap dalam memasuki dunia kerja. Kurikulum PSTRO disusun berdasarkan kompetensi mahasiswa dalam bidang perawatan otomotif mesin bakar, kelistrikan otomotif, desain otomotif, perawatan teknologi Electric Vehicle (EV) dan manajerial bengkel otomotif. Total SKS yang akan dilalui oleh para mahasiswa untuk mendapatkan gerlar Sarjana Terapan adalah 146 SKS dalam waktu 4 tahun, termasuk di dalamnya magang industri dan juga skripsi.
1) Workshop Supervisor Otomotif, 2) Supervisor Industri 3) Staf Pelaksana R&D Manufaktur Otomotif 4) Staf Quality Control Manufaktur dan Perawatan Otomotif 5) Wirausaha bidang otomotif
SIKAP (S)
S.01 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S.02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S.03 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S.04 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S.05 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S.06 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S.07 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S.08 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S.09 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
S.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
PENGETAHUAN (P)
P.01 Menguasai Konsep teoritis sains dan matematika teknik secara umum
P.02 Menguasai Konsep teoretis sains rekayasa dan prinsip rekayasa secara mendalam;
P.03 Menguasai Konsep, prinsip, metoda, dan teknik pada teknologi otomotif meliputi teknologi motor bensin, motor diesel, motor listrik/ hybrid, sistem kelistrikan dan elektronika otomotif, sistem pemindah daya, sistem rem, sistem kemudi, sistem suspensi.
P.04 Menguasai Pengetahuan operasional lengkap menggunakan alat dan melakukan pengukuran, menganalisis hasil pengukuran;
P.05 Menguasai Pengetahuan faktual dan metode aplikasi; referensi teknis (kode dan standar) nasional dan internasional serta peraturan yang berlaku yang berlaku di wilayah kerjanya untuk melakukan pekerjaan teknologi rekayasa bidang otomotif;
P.06 Menguasai Konsep dan prosedur mengelola bengkel otomotif dan implementasi keselamatan, kesehatan kerja dan pengendalian limbah dalam rangka pelestarian lingkungan;
P.07 Menguasai Konsep dan prosedur penjaminan mutu (quality assurance) pada pengelolaan bengkel otomotif dan pekerjaan rekayasa bidang otomotif;
P.08 Menguasai Prinsip dan teknik berkomunikasi efektif secara lisan dan tulisan serta simbol;
P.09 Menguasai Pengetahuan faktual tentang perkembangan teknologi mutakhir dalam bidang kendaraan bermotor;
P.10 Menguasai Pengetahuan faktual tentang perkembangan teknologi otomotif;
P.11 Menguasai Pengetahuan tentang pelayanan prima kepada pelanggan;
P.12 Menguasai Pengetahuan tentang kewirausahaan.
KETERAMPILAN UMUM
KU.01 Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku;
KU.02 Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
KU.03 Mampu menyelesaikan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
KU.04 Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
KU.05 Mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovasi dalam pekerjaannya;
KU.06 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU.07 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
KU.08 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU.09 Mampu beradaptasi, bekerja sama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta mampu berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global;
KU.10 Mampu menegakkan integritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarisme;
KU.11 Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian; dan
KU.12 Mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional untuk komunikasi lisan dan tulis.
KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
KK.01 Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa ke dalam prosedur, proses, sistem, atau metodologi rekayasa terapan untuk menyelesaikan masalah teknologi rekayasa otomotif
KK.02 Mampu menyelesaikan masalah teknologi rekayasa menggunakan perangkat analisis untuk satu bidang spesialisasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan, dengan: 1) Menggunakan peralatan/perkakas dan alat ukur untuk melakukan perawatan, diagnosa, perbaikan, rekayasa dan penjaminan mutu; 2) Melakukan analisis kinerja sistem pada kendaraan bermotor (motor bensin, motor diesel, motor listrik/ hybrid, sistem kelistrikan dan elektronika otomotif, sistem pemindah daya, sistem rem, sistem kemudi, sistem suspensi roda empat secara akurat berdasarkan interpretasi dan analisis hasil pengukuran; 3) Melakukan rekayasa mengatasi permasalahan pada motor bensin, motor diesel, motor listrik/ hybrid, sistem kelistrikan dan elektronika otomotif, sistem pemindah daya, sistem rem, sistem kemudi, sistem suspensi roda empat.
KK.03 Meningkatkan kinerja atau mutu suatu proses melalui pengujian, pengukuran obyek kerja, analisis, dan interpretasi data sesuai prosedur dan standar.
KK.04 Menggunakan teknologi mutakhir dalam melaksanakan pekerjaan
KK.05 Mampu menginovasi teknologi otomotif yang mengarah pada peningkatan efisiensi (material, energi, dan biaya)
KK.06 Mengelola dan mengembangkan usaha bengkel otomotif secara profesional dan berkelanjutan sesuai standar penyelenggaraan bengkel otomotif yang berlaku dan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan
KK.07 Mampu melaksanakan pelayanan prima kepada pelanggan internal maupun ekstenal